Kamis, 23 Mei 2013

GRAMMAR for TEACHER


 Referensi yang membahas tentang tata bahasa Inggris (English Grammar) memang sudah banyak kita dapatkan, baik yang berupa buku cetak atau e-book seperti ini. Namun, tidak banyak dari buku-buku itu yang membahas tentang apa yang dimaksud tentang grammar sebenarnya. Disinilah letak keunggulan buku ini. Pada bab pertama sebelum membahas tentang teori-teori grammar pada umumnya, DeCapua mengawali pembahasannya dengan menjelaskan What is grammar itself. Pada bab ini juga dibahas tentang perbedaan antara prescriptive dan descriptive grammar.
 
Sebagai sebuah bentuk produk yang dihasilkan dari kegundahan penulis selama bertahun-tahun mengajar graduate-level structure courses, buku ini memang memberikan nuasa baru dalam pembelajaran grammar. Sentuhan baru ini bisa kita rasakan dari teknik pemberian latihan.

Pada setiap bab yang dibahas, pembaca akan mendapatkan latihan dalam bentuk Discovery Activities yang sengaja didesain untuk menjadikan pembaca memahami apa yang baru saja dipelajari diterapkan dalam sebuah kalimat. Sementara itu, pada akhir dari masing-masing bab disediakan juga Practice Activities untuk dijadikan sebagai media pendalaman dari apa yang sudah dipelajari.

Sebagai sebuah buku yang terbilang masih cukup baru (diterbitkan pada tahun 2008), teori grammar yang disajikan pun terbilang cukup fresh. DeCapua tidak terjebak pada penulisan istilah-istilah yang memang cenderung membuat sulit dan bingung.

Buku ini juga menyajikan perbedaan grammar yang umumnya digunakan dalam tulisan formal dan penulisan casual/informal sekaligus penggunaan dalam speaking. Hal ini tentunya akan membuat kita lebih mudah memahami kenapa seseorang bisa menggunakan grammar yang berbeda meski dengan maksud yang sama.

Meski dilabeli dengan Grammar for teacher, buku ini bisa dimanfaatkan oleh siapapun, karena pada dasarnya tidaknya hanya membahas teknik pengajaran seperti buku-buku yang memang dikhususkan untuk pengajar/guru.
Well, meski sudah banyak buku grammar serupa yang beredar, buku ini tetaplah worth reading.

silahkan download di sini http://www.mediafire.com/download/lp1pomf8ur74z7y/grammar+for+teacher.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar