Jumat, 10 Agustus 2012




KKL UNMAS PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS
Sesuai dengan program FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar Program Studi  Pendidikan Bahasa Inggris, mahasiswa Amlapura dan Bangli mengikuti KKL (Kuliah Kerja Lapangan) tepatnya pada tanggal 30 Juni 2012 sampai dengan 4 Juli 2012. Program ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilakukan FKIP Unmas Denpasar Program Studi Bahasa Inggris yang di ikuti mahasiswa semester II, IV, dan VI  cabang Amlapura dan Bangli. Adapun kunjungan yang dilakukan adalah kota Yogyakarta dan Surabaya. Kota itu dipilih karena kota Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar di Indonesia, selain itu objek wisata yang terdapat di kota tersebut lebih banyak dibandingkan kota yang lain seperti Jakarta dan Bandung. Secara geografis letak Yogyakarta dan Surabaya juga lebih dekat dari provinsi Bali. Hal itulah yang menjadikan Yogyakarta sebagai kunjungan KKL FKIP Unmas Denpasar Tahun Akademik 2012/2013. 
Berdasarkan hal di atas, maka KKL dapat diartikan sebagai penerapan teori di bangku kuliah untuk meningkatkan wawasan berpikir ilmiah dan sebagai pengalaman praktik mahasiswa untuk lebih menngenal objek wisata. Jadi program KKL disini para mahasiswa calon guru sudah mulai dituntut harus peka dan tanggap terhadap perubahan-perubahan, pembaharuan IPTEK yang berkembang, sehingga apa yang diberikan kepada siswanya tidak terlalu ketinggalan dengan perkembangan dunia pariwisata ataupun kemajuan zaman. Maka FKIP  Universitas Mahasaraswati Denpasar melaksanakan KKL sebagaimana program yang telah ditentukannya.
                  Kegiatan KKL ini bukan semata-mata kunjungan objek wisata saja, melainkan juga merupakan  bentuk  implementasi Tri Darma sebuah perguruan tinggi pada masyarakat, selain itu kegiatan KKL ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian skripsi yang akan dilakukan nanti. Inilah fokus penyusunan laporan ini yang dilakukan setelah kegiatan KKL dilaksanakan. 
Adapun objek wisata  yang telah dikunjungi salah satunya adalah  wisata Candi Borobudur, yang akan menjadi bahan pembahasan dalam isi laporan ini. Candi Borobudur merupakan salah satu objek wisata yang terletak di desa Borobudur, kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Adanya objek wisata Candi Borobudur diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap daerah dan mendorong masyarakat sekitar berdagang atau menjual barang yang menjadi ciri khas daerah Wisata Candi Borobudur.
              Berdasarkan uraian diatas, penulis ingin mengetahui keberadaan Objek Wisata Candi Borobudur dan pengaruh terhadap sosiaal ekonomi masyarakat sekitar, terutama para pedagang yang membuka usaha di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur sehingga penulis mengambil judul “CANDI BOROBUDUR SEBAGAI OBJEK WISATA TERKENAL DI INDONESIA”

Hmmmmm .... tulisan ini hanya untuk memperkenalkan program Unmas aja....  :)